BAB 9 STATISTIKA (2)
UKURAN PEMUSATAN DATA (MEAN, MEDIAN, MODUS)
Pada pertemuan minggu lalu kita telah belajar kembali
bagaimana cara membaca dan menganalisa data dari tabel dan diagram. Kalian bisa
menguji kemampuan dengan membaca beberapa data publik yang ada di dunia maya.
Bisa diagram hasil perolehan suara Pilkada, pengguna profider internet, atau
kalian biasa mengunjungi web resmi BPS. Disana tersedia data-data tentang
jumlah penduduk, kelompok usia, pekerjaan dan lain-lain.
Hari ini kita akan melanjutkan belajar kembali tentang
statistika yang juga sudah pernah kalian pelajari di Sekolah Dasar yaitu
tentang UKURAN PEMUSATAN DATA (MEAN, MEDIAN, MODUS)
Kita bahas satu persatu dari data tunggal sederhana dibawah
ini
Berikut adalah data hasil nilai ulangan matematika dari 10
siswa
No |
Nama Siswa |
Nilai |
1 |
Abdul |
70 |
2 |
Bagas |
80 |
3 |
Citra |
65 |
4 |
Denis |
80 |
5 |
Elma |
90 |
6 |
Fajar |
60 |
7 |
Gading |
70 |
8 |
Hana |
60 |
9 |
Mayang |
80 |
10 |
Zainal |
95 |
Data nilai matematika 10 siswa : 70, 80, 65, 80, 90, 60, 70,
60, 80, 95
Banyak data (n) = 10
A. MEAN
Untuk menentukan mean adalah dengan cara menjumlahkan seluruh data dibagi
dengan banyak data
Sehingga Mean dari data nilai matematika 10 siswa di atas adalah
B. MEDIAN
Median adalah nilai tengah dari suatu data. Mean dilambangan dengan Me
Untuk menentukan median/nilai tengah kita urutkan dulu datanya dari yang
terkecil sampai yang terbesar kemudian diambil nilai tengahnya
Untuk data berjumlah ganjil kamu bisa langsung
ambil angka tengahnya
Contoh
Untuk data berjumlah genap akan ada 2 angka yang
ditengah. Jadi nilai mediannya adalah rata-rata dari 2 angka tengah
Seperti data nilai matematika 10 siswa
C. MODUS
Modus dalam istilah matematika berbeda dengan
modus dalam bahasa gaul kalian atau modus dalam kejahatan/criminal lho ya
Modus dalam matematika adalah nilai yang sering
muncul, atau nilai yang frekuensinya paling tinggi.
Modus dilambangkan dengan Mo.
Kalau data sudah dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
kalian bisa langsung melihat nilai yang frekuensinya paling tinggi, itulah
modusnya
Kalau masih dalam bentuk data tunggal maka kalian
bisa membuat tabel distribusi frekuensinya
Data nilai matematika 10 siswa
70, 80, 65, 80, 90, 60, 70, 60, 80, 95
Jadi modus dari data nilai matematika 10 siswa
adalah 80, karena frekuensinya paling tinggi, yaitu 3 siswa
Mo = 80
Demikian penjelasan kembali tentang Mean, Median
dan Modus yang sudah pernah kalian pelajari di SD
Yang ingat semoga makin paham
Yang lupa jadi ingat kembali
Yang belum paham jadi paham
Aamiin
Seperti biasa untuk menguji pemahaman kalian
silahkan mencoba latihan mandiri berikut
Berikut adalah data usia 15 siswa di kelas VIII A
No |
Nama Siswa |
Usia (tahun) |
1 |
Abdul |
13 |
2 |
Bagas |
14 |
3 |
Citra |
13 |
4 |
Denis |
14 |
5 |
Elma |
14 |
6 |
Fajar |
12 |
7 |
Gading |
14 |
8 |
Hana |
11 |
9 |
Mayang |
13 |
10 |
Naila |
13 |
11 |
Peter |
11 |
12 |
Ratna |
13 |
13 |
Shinta |
12 |
14 |
Tantri |
14 |
15 |
Zainal |
14 |
Tentukan Mean, Median dan Modus dari data di atas
Komentar
Posting Komentar