BAB 9 STATISTIKA (2)

 UKURAN PEMUSATAN DATA (MEAN, MEDIAN, MODUS)



Pada pertemuan minggu lalu kita telah belajar kembali bagaimana cara membaca dan menganalisa data dari tabel dan diagram. Kalian bisa menguji kemampuan dengan membaca beberapa data publik yang ada di dunia maya. Bisa diagram hasil perolehan suara Pilkada, pengguna profider internet, atau kalian biasa mengunjungi web resmi BPS. Disana tersedia data-data tentang jumlah penduduk, kelompok usia, pekerjaan dan lain-lain.

Hari ini kita akan melanjutkan belajar kembali tentang statistika yang juga sudah pernah kalian pelajari di Sekolah Dasar yaitu tentang UKURAN PEMUSATAN DATA (MEAN, MEDIAN, MODUS)

Kita bahas satu persatu dari data tunggal sederhana dibawah ini

Berikut adalah data hasil nilai ulangan matematika dari 10 siswa

No

Nama Siswa

Nilai

1

Abdul

70

2

Bagas

80

3

Citra

65

4

Denis

80

5

Elma

90

6

Fajar

60

7

Gading

70

8

Hana

60

9

Mayang

80

10

Zainal

95

 

Data nilai matematika 10 siswa : 70, 80, 65, 80, 90, 60, 70, 60, 80, 95

Banyak data (n) = 10


A.      MEAN


Untuk menentukan mean adalah dengan cara menjumlahkan seluruh data dibagi dengan banyak data


Sehingga Mean dari data nilai matematika 10 siswa di atas adalah

 


B.      MEDIAN

Median adalah nilai tengah dari suatu data. Mean dilambangan dengan Me

Untuk menentukan median/nilai tengah kita urutkan dulu datanya dari yang terkecil sampai yang terbesar kemudian diambil nilai tengahnya

Untuk data berjumlah ganjil kamu bisa langsung ambil angka tengahnya

Contoh

 

Median = 167 cm

Untuk data berjumlah genap akan ada 2 angka yang ditengah. Jadi nilai mediannya adalah rata-rata dari 2 angka tengah

Seperti data nilai matematika 10 siswa

 70, 80, 65, 80, 90, 60, 70, 60, 80, 95



 







C.      MODUS

Modus dalam istilah matematika berbeda dengan modus dalam bahasa gaul kalian atau modus dalam kejahatan/criminal lho ya

Modus dalam matematika adalah nilai yang sering muncul, atau nilai yang frekuensinya paling tinggi.

Modus dilambangkan dengan Mo.

Kalau data sudah dalam bentuk tabel distribusi frekuensi kalian bisa langsung melihat nilai yang frekuensinya paling tinggi, itulah modusnya

 

Kalau masih dalam bentuk data tunggal maka kalian bisa membuat tabel distribusi frekuensinya

 

Data nilai matematika 10 siswa

70, 80, 65, 80, 90, 60, 70, 60, 80, 95

 


Jadi modus dari data nilai matematika 10 siswa adalah 80, karena frekuensinya paling tinggi, yaitu 3 siswa

Mo = 80

 

Demikian penjelasan kembali tentang Mean, Median dan Modus yang sudah pernah kalian pelajari di SD

Yang ingat semoga makin paham

Yang lupa jadi ingat kembali

Yang belum paham jadi paham

 

Aamiin

 

Seperti biasa untuk menguji pemahaman kalian silahkan mencoba latihan mandiri berikut

 


LATIHAN MANDIRI

 

Berikut adalah data usia 15 siswa di kelas VIII A

No

Nama Siswa

Usia (tahun)

1

Abdul

13

2

Bagas

14

3

Citra

13

4

Denis

14

5

Elma

14

6

Fajar

12

7

Gading

14

8

Hana

11

9

Mayang

13

10

Naila

13

11

Peter

11

12

Ratna

13

13

Shinta

12

14

Tantri

14

15

Zainal

14

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tentukan Mean, Median dan Modus dari data di atas

 

 

 

 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

APLIKASI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

BAB 4 KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN (1)

BAB 7 LINGKARAN