Hubungan Diskriminan Dengan Akar-akar Penyelesaian dan Grafik Fungsi Kuadrat

 

Hubungan Diskriminan Dengan Akar-akar Penyelesaian dan Grafik Fungsi Kuadrat




Pada waktu yang lalu kita sudah belajar tenyang menyelesaikan persamaan kuadrat dengan rumus kuadratik/ rumus abc

 

Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari bagian dari rumus abc, yaitu 

DISKRIMINAN



Diskriminan dilambangkan dengan D

 

D = b2 – 4ac

 Contoh

Diketahui persamaan kuadrat  x2 + 10x + 24 = 0

Tentukan nilai Diskriminan dari persamaan kuadrat diatas

 

Jawab :

a = 1

b = 10

c = 24

 

D = b2 – 4ac

   = 102 – 4.1.24

   = 100 – 96

   = 4

 

Ternyata nilai Diskriminan dari Persamaan Kuadrat diatas lebih dari 0

D > 0

 

Berikutnya kiata akan menyelidiki hubungan nilai Diskriminan dengan akar-akar peyelesaian dan grafik fungsi kuadrat

 

Yuk kita bahas satu persatu

 

A. HUBUNGAN NILAI DISKRIMINAN DAN PENYELESAIAN/AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT

  

Untuk memahami hal ini mari kita lakukan pengamatan  berikut

Persamaan Kuadrat

Diskriminan

Akar-akar penyelesaian

Keterangan

x2 + 11x + 24 = 0

 

a = 1

b = 10

c = 24

D = b2 – 4ac

   = 112 – 4.1.24

   = 121 – 96

   = 25

 

D > 0

x2 + 11x + 24 = 0

Dengan pemfaktoran

(cari 2 bilangan jika di tambah hasilnya 11, jika dikali hasilnya 24)

 (x + 3) (x + 8) = 0

x + 3 = 0 atau x + 8 = 0

x1 = -3   x2 = -8

 Himpunan penyelesaiannya {-3,-8}

 

Memiliki 2 akar real berbeda

x2 + 6x + 9 = 0

 

a = 1

b = 6

c = 9

D = b2 – 4ac

   = 62 – 4.1.9

   = 36 – 36

   = 0

 

D = 0

x2 + 6x + 9 = 0

Dengan pemfaktoran

(cari 2 bilangan jika di tambah hasilnya 6, jika dikali hasilnya 9)

 (x + 3) (x + 3) = 0

x + 3 = 0 atau x + 3 = 0

x1 = -3   x2 = -3

 Himpunan penyelesaiannya {-3}

 

Memiliki dua akar sama / kembar

x+ 2x + 6 = 0

 

a = 1,

b = 2,

c = 6

     

D = b2 – 4ac

   = 22 – 4.1.6

   = 4 – 24

   = - 20

 

D < 0

x+ 2x + 6 = 0

 Dengan rumus kuadratik/rumus abc

 




Tidak memiliki akar real

 

KESIMPULAN 

Jika D > 0, persamaan kuadrat memiliki 2 akar real berbeda

Jika D = 0, persamaan kuadrat memiliki 2 akar sama/ kembar

Jika D < 0, persamaan kuadrat tidak memiliki akar real

  

B. HUBUNGAN NILAI DISKRIMINAN DAN GRAFIK FUNGSI KUADRATNYA


Nilai diskriminan juga mempengaruhi grafik fungsi kuadrat tersebut, yaitu pada fungsi kuadrat  ax2 + bx + c=0  berlaku:


Jika D > 0, memiliki dua akar real berbeda, maka grafiknya memotong sumbu x di dua titik

Jika D = 0, memiliki dua akar dam/kembar, maka grafiknya memotong sumbu x di satu titik

Jika D < 0, tidak memiliki akar real, maka grafiknya tidak memotong sumbu x

 

Jadi dapat disimpulkan sebagai berikut

 Pengaruh nilai Diskriminan (D = b2 − 4ac):


Nilai Diskriminan

Akar-akar Persamaan

Kuadrat

Grafik Fungsi Kuadrat

D > 0

Memiliki dua akar real berbeda

Memotong sumbu x di dua titik

D = 0

Memiliki dua akarsama/kembar

Memotong sumbu x di satu titik

D < 0

Tidak memiliki akar real

Tidak memotong sumbu x

 


Contoh:

Selidikilah sifat grafik fungsi berikut dilihat dari nilai a dan diskriminan-nya:

1.   y = x+ 2x + 6

2.   y =  2 – x − 3x2

3.   y =  x2 + 6x + 9

 

Jawab:

 1.   y = x+ 2x + 6

     a = 1, b = 2, c = 6

     D = b2 – 4ac

         = 22 – 4 × 1 × 6

         = 4 – 24

         = − 20

 Karena a > 0, maka grafik terbuka ke atas

Karena D < 0, maka tidak memiliki akar real, sehingga grafiknya tidak memotong sumbu x

Sehingga sketsa grafiknya sebagai berikut




2.   y =  2 – x − 3x2

     a = −3, b = −1, c = 2

     D = b2 – 4ac

         = −12 – 4 × −3 × 2

         = 1 + 24

         =  25

     Karena a < 0, maka grafik terbuka ke bawah

     Karena D > 0, maka grafiknya memotong sumbu x di dua titik

 Sehingga sketsa grafiknya sebagai berikut





3.   y =  x2 + 6x + 9

      a = 1, b = 6, c = 9

     D = b2 – 4ac

         = 62 – 4 × 1 × 9

         = 36 − 36

         = 0

 

Karena a > 0, maka grafik terbuka ke atas

Karena D = 0, maka memiki dua akar sama/kembar, sehingga grafiknya memotong sumbu x di satu titik

 Sehingga sketsa grafiknya sebagai berikut



Mari Berlatih

(kerjakan di buku tulis kalian, kemudian poto hasilnya)

1.    Diketahui persamaan kuadrat  2x2 – 6x + 4 = 0

Tentukan

a.    Nilai a 

b.    Nilai D

c. Sketsa grafiknya

 

2.    Diketahui persamaan kuadrat  x2 – 6x + 10 = 0

a.    Nilai a

b.    Nilai D

c. Sketsa grafiknya

 


Demikian paparan materi dari Ibu tentang DISKRIMINAN dan Hubungan Diskriminan dengan

 Akar-akar Penyelesaian dan Grafik fungsinya

Seperti biasa setelah kalian mempelajari dan memahami materinya, Ibu akan megadakan 

evaluasi

Link evaluasi akan Ibu share memalui Grup WA

Tetap SEMANGAT dan selamat belajar...

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

APLIKASI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

BAB 10 PELUANG (2)

BAB 10 PELUANG (1)